(c) Blessinda Abygail. Powered by Blogger.
RSS

10 Kreasi yang Bisa Anda Lakukan Dengan Puff Pastry

Puff Pastry merupakan salah satu jenis adonan yang bisa dikatakan serba-guna. Dengan puff pastry, banyak kreasi yang bisa diciptakan hingga akhirnya membentuk sebuah varian pastry yang baru. Puff pastry merupakan adonan kue yang terbuat dari tepung terigu, air dan lemak (margarine).
Ciri khas dari pastry adalah memiliki tekstur yang berlapis-lapis, tipis, dan ringan. Kulit yang renyah juga menjadi kunci dari pastry yang baik. Puff pastry dan roti sama-sama mengembang, perbedaannya dari cara adonan tersebut mengembang. Roti mengembang berkat bantuan dari ragi dan membentuk tekstur yang lembut. Sedangkan puff pastry mengembang karena bantuak lemak khusus yang dioleskan pada sela-sela adonan.
Puff pastry menjadi favorit para chef bakery karena sangat mudah dikreasikan menjadi berbagai macam jenis. Pada dasarnya, varian pastry terlihat dari perbedaan bentuk dan isian. Untuk menambah referensi, silahkan simak beberapa kreasi yang bisa dilakukan dengan adonan puff pastry.

Cream Horns
Cream Horns
Varian pastry ini memiliki bentuk unik seperti tanduk unicorn dan biasanya diisi dengan varian krim. Untuk menghasikan bentuk tanduk, Smart Bakers hanya perlu memotong adonan dalam bentuk lembaran kecil atau strip. Setelah itu Smart bakers memerlukan cetakan pastry berbentuk cone kerucut yang bisa dibuat menggunakan alumunium foil. Selanjutnya, cukup bungkus cetakan dengan lembaran pastry dan kemudian di panggang selama kurang lebih 15 menit hingga berwarna cokelat keemasan.

Napoleons
Napoleons
Pastry jenis Napoleons ini memiliki ciri pastry yang berlapis-lapis. Terbentuk dari pastry yang diberikan topping krim di atasnya yang kemudian diberikan krim lagi hingga diakhiri sugar glaze di paling atas. Sekilas, varian pastry ini terlihat mirip dengan Mille-feuille sehingga banyak yang menyebutnya dengan istilah Napoleons Mille-feuille Pastry.

Raisin Puff
Raisin Puff
Jenis pastry ini cukup popular di masyarakat karena rasanya yang nikmat dan mudah dibuat. Pada dasarnya raisin puff ini merupakan olahan adonan pastry yang diberikan butiran kismis. Untuk menambah aroma, tidak jarang juga diberikan bubuk kayu manis sehingga membuat kue jadi lebih harum dan lezat.

Vol Au Vents
Vol Au Vents
Pastry yang satu ini terkenal dengan ukuran one bite size nya. Vol au vents adalah jenis pastry berbentuk kotak atau bundar berukuran kecil yang dibagian tengahnya berlubang sebagai tempat isian nya. Keunikan dari jenis pastry ini adalah isiannya yang savory. Biasanya diisi dengan daging, seafood, sayuran, hingga topping mayones dan saus.

Freeform Tarts
Freeform Tarts
Freeform Tarts merupakan jenis pastry yang teksturnya mirip dengan Galette. Sekilas bentuknya mirip dengan pie, freeform tarts bisa juga dikatakan sebagai Galette dengan menggunakan kulit pastry. Cukup bentuk adonan pastry dengan bentuk bundar, panggang dengan teknik blind bake lalu berikan isian di tengah nya. Isiannya bisa menggunakan bahan-bahan manis  atau savory. 

Joconde Imprimé
Joconde Imprime
Ingin mencari dessert dengan dekorasi yang unik? Joconde Imprimé memberikan tampilan kreasi kue yang berbeda. Joconde Imprime adalah dessert yang terbuat dari lapisan puff pastry dan krim yang terbungkus dalam sponge cake lembut. Adonan sponge cake membungkus dan ‘menyelimuti’ lapisan pastry dan krim sehingga memberikan sensasi lembut dan renyah yang bersamaan.

Palmiers
Palmiers
Sering disebut sebagai Orejas yang secara harfiah memiliki arti “telinga’, pastry ini memang memiliki bentuk yang mirip dengan telinga. Pastry spiral ini dibuat dengan menggunakan campuran puff pastry, kayu manis, butiran gula, yang digulung ke dalam dari dua arah sehingga membentuk adonan spiral. Manis, renyah, dan adiktif!

Turnovers
Turnovers
Di Indonesia, pastry ini seringkali dikategorikan sebagai pastel karena berbentuk segitiga sehingga menyerupai pastel. Bedanya, Turnovers lebih sering diisi dengan isian manis. Cara pembuatannya sendiri termasuk mudah, cukup masukkan isian selai atau cokelat di tengah kulit puff pastry berbentuk persegi, kemudian lipat hingga membentuk segitiga.Panggang adonan lalu berikan dekorasi sugar glaze diatasnya agar lebih menarik.

Traditional Pie
Traditional Pie
Pastry jenis ini juga bisa dikategorikan sebagai variasi dari pie. Sederhananya, Smart bakers bisa menciptakan pie dari pastry dengan menggantikan kulit pie dengan adonan kulit puff pastry. Tekstur adonan pastry yang renyah akan memberikan sensasi menikmati pie dengan cara yang berbeda. 

Pizza


Pizza

Ya, mengapa tidak? Pizza dengan menggunakan adonan pastry akan menambah esensi menarik dari hidangan itu sendiri. Adonan pizza pastry yang diisi dengan mozzarella, saus carbonara, potongan daging ham tentunya akan memberikan sensasi savory yang nikmat.
Pemilihan bahan baku yang tepat juga akan menentukan kualitas pastry yang dihasilkan. Smart Bakers bisa menggunakan FILMA Puff Pastry Shortening untuk menciptakan adonan pastry yang elastis dan tahan lama. FILMA Puff Pastry Shortening memiliki plastisitas dan titik leleh yang baik sehingga dapat menghasilkan lapisan optimal pada puff pastry,
Ketika Smart bakers sudah menguasai adonan puff pastry dengan baik, akan mudah untuk menciptakan kreasi. Masih banyak jenis kreasi yang bisa diciptakan dari puff pastry. Hal ini memberikan peluang bagi Smart Bakers untuk berimprovisasi menciptakan menu menarik bagi usaha bakery. Bukan tidak mungkin Smart bakers mampu menciptakan variasi pastry yang akan menjadi ciri khas dan daya tarik bagi konsumen.

Sumber  : https://smartpluspro.com/articles-detail/10-kreasi-yang-bisa-anda-lakukan-dengan-puff-pastry-1

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment